Dalam pemasaran digital, halaman arahan atau landing page adalah halaman web mandiri, dibuat khusus untuk kampanye pemasaran atau periklanan. Ini adalah tempat pengunjung mendarat setelah mereka mengeklik tautan di email, atau iklan dari Google, Bing, YouTube, Facebook, Instagram, Twitter, atau tempat serupa di web.
Tidak seperti halaman web, yang biasanya memiliki banyak tujuan dan mendorong eksplorasi, halaman landing page dirancang khusus dengan satu fokus atau tujuan, yang dikenal sebagai ajakan bertindak/call to action atau lebih sering disingkat CTA. Fokus inilah yang menjadikan halaman landing sebagai opsi terbaik untuk meningkatkan rasio konversi kampanye pemasaran Anda dan menurunkan biaya untuk mendapatkan prospek atau penjualan.
Jadi sebenarnya halaman arahan ada setelah prospek di bagian atas corong mengklik link di iklan, email, atau di mana pun di web. Di sinilah konversi seperti pembelian, pendaftaran, atau pendaftaran akan dilakukan. Anda akan menemukan landing page jika sedang melihat penawaran yang menggiurkan, begitu Anda mengklik halaman tersebut, Anda akan dibawa ke stage berikutnya.
Cara Kerja Landing Page
Landing page berbeda dari halaman lain di situs Anda karena berfokus pada tujuan jangka pendek yang spesifik sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang diinginkan. Selain meningkatkan konversi, meningkatkan kampanye iklan berbayar, dan menghasilkan wawasan audiens baru, halaman arahan dapat bekerja untuk :
Meningkatkan kredibilitas Anda
Pengguna biasanya menyukai pesan yang jelas dan sederhana yang menjelaskan nilai dari apa yang Anda tawarkan. Halaman arahan yang terencana dengan baik menunjukkan kepada pelanggan Anda bahwa Anda memiliki kepentingan terbaik dalam pikiran mereka. Landing page juga merupakan tempat di mana Anda dapat memasukkan testimonial tentang produk atau layanan Anda, yang merupakan elemen bukti sosial. Bukti sosial telah terbukti meningkatkan konversi.
Memperkuat brand Anda
Ini adalah hasil dari menjaga konsistensi dalam tampilan, corak, gaya, dan salinan situs web Anda. Memiliki brand yang jelas dan kuat memiliki beberapa keuntungan. Jika pengguna Anda tidak segera berkonversi, identitas merek yang kuat dapat membantu mereka mengingat Anda di masa mendatang, menanggapi upaya pemasaran ulang Anda, atau merekomendasikan Anda kepada teman-teman mereka.
Jelas, disini bahwa halaman arahan sangat penting untuk strategi pemasaran Anda yang mana semakin banyak halaman arahan yang Anda miliki dioptimalkan, akan semakin baik. Tapi itu menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana mereka harus dioptimalkan, dan untuk apa mereka harus dioptimalkan.
Tips Membuat Promosi Landing Page
Untuk dapat membuat halaman arahan, Anda dapat memulai dengan menjelajahi berbagai pembuat halaman arahan atau menggunakan sistem manajemen konten yang sudah menyediakan templat halaman arahan. Setelah Anda menentukan alat yang tepat untuk Anda, jelajahi templat yang sudah dibuat sebelumnya atau pertimbangkan apakah lebih baik membuat sendiri. Anda juga dapat menggunakan ini sebagai kesempatan untuk menguji dua desain yang berbeda untuk mempelajari elemen desain mana yang menghasilkan konversi tertinggi.
Selain itu, sangat penting setiap halaman arahan yang Anda rancang secara efektif mengkomunikasikan nilai yang Anda berikan kepada pengunjung sebagai imbalan atas informasi kontak. Selain tentu saja, Anda ingin menyertakan formulir yang Anda minta untuk diisi pengunjung sebagai imbalan atas penawaran apa pun yang Anda berikan di laman landas Anda. Mempertimbangkan landing page sendiri hanya memiliki satu tujuan utama yakni menghasilkan prospek untuk bisnis Anda. Namun, Anda dapat menentukan prospek tersebut dengan beberapa cara dan menawarkan lebih dari satu jenis konten atau pengalaman melalui halaman arahan ini.
Berikut adalah beberapa cara Anda dapat menggunakan halaman arahan untuk memulai hubungan dengan pelanggan yang Anda targetkan :
Berlangganan Buletin Email/Newsletter Subscription
Katakanlah Anda menulis banyak konten blog tentang topik yang serupa. Tentu, Anda dapat mengembangkan ebook atau whitepaper yang menguraikan detail tertentu, tetapi Anda juga dapat menawarkan kepada pembaca buletin email yang dapat mereka berlangganan untuk konten terbaru seputar industri Anda. Di berbagai posting blog, gunakan ajakan bertindak (CTA) untuk mengundang pembaca berlangganan ke blog Anda. CTA ini dapat ditautkan ke halaman arahan terpisah tempat mereka memasukkan informasi kontak mereka untuk ditambahkan ke daftar email Anda.
Pendaftaran Acara
Mirip dengan kursus online, acara industri mengharuskan Anda mengumpulkan informasi tentang audiens Anda sehingga mereka dapat menerima pembaruan sebelum acara tersebut. Sebuah acara, serta berbagai sesi dan ceramahnya, dapat memiliki halaman arahan masing-masing untuk mengubah penonton acara menjadi peserta acara dan pemimpin bisnis.
Mengunduh Aplikasi
Mengembangkan aplikasi seluler untuk produk Anda tidak hanya meningkatkan pengalaman pelanggan Anda yang mana ini juga memberi Anda jalan lain untuk menangkap prospek dari audiens Anda. Halaman arahan yang dioptimalkan untuk prospek yang mengundang pengguna untuk mengunduh aplikasi cukup umum di komunitas pembuat aplikasi.
Uji Coba Produk Gratis
Ingin menawarkan demo gratis tentang produk Anda kepada orang-orang? Penawaran demo Anda dapat menggunakan halaman arahannya sendiri. Arahkan pengguna ke halaman tempat mereka dapat mendaftar uji coba gratis perangkat lunak Anda menggunakan nama, alamat email, jabatan, dan informasi lain yang Anda anggap perlu untuk memberi mereka pengalaman pelanggan terbaik.
Pendaftaran Kursus Online
Apakah Anda berada di industri pendidikan atau Anda menawarkan berbagai sertifikasi berbasis keterampilan kepada audiens Anda, kursus online juga harus memiliki halaman arahan sendiri. Dengan menggunakan halaman ini, Anda dapat mengundang siswa baru untuk mendaftar ke kelas yang Anda tawarkan dan menangkap informasi tentang mereka yang dapat mengarah pada hubungan pelanggan yang melampaui kursus yang mereka ambil dengan Anda.
Keanggotaan Komunitas
Jika bisnis Anda berkembang pesat dalam percakapan di antara audiens Anda, mungkin Anda memiliki situs web yang didedikasikan untuk dialog antar pengguna dan tidak ada salahnya menjadikannya hanya untuk undangan. Faktanya, ini adalah cara yang bagus untuk menghasilkan prospek melalui orang-orang yang ingin menjadi anggota komunitas Anda. Buat halaman arahan yang memungkinkan pengunjung situs mendaftar untuk menjadi bagian yang lebih besar dari Anda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar